Langsung ke konten utama

Metode Menghitung Kelayakan Proyek dengan Rumus BEP

Dalam usaha property, tetaplah saja ada ukuran-ukuran kelayakannya. Karna nanti akan jadi tanda-tanda angka-angka diatas kertas dan saldo-saldo Anda diatas rekening. Paling tidak Anda dapat memakai empat tanda di bawah ini.
Keuntungan margin yaitu persentase dari laba berbanding dengan omzet. Semakin besar, pastinya semakin bagus. Tak ada standard minimum baku, tetapi biasanya sekitar 20 %. Ini juga dapat lebih, serta dapat juga kurang. Dasarnya semakin besar prosentasenya, semakin bagus.
baca juga : cara mencari persen
- A. Omzet = Rp1 miliar
- B. Cost Bahan Baku = Rp600 juta
- C. Cost Adum (Administrasi serta umum) = Rp100 juta
- D. Laba – (A-B-C) = Rp300 juta
- E. Keuntungan Margin = Rp300 juta : Rp1 miliar x 100 % = 30 persen
Apakah keuntungan cuma 5 % selalu project dipandang tidak layak? Belum juga pasti juga sich, karna ada tanda yang lain yang dapat dipakai.
Return On Investment (ROI), tingkat pengembalian atas investasi. Bhs gampangnya yaitu berapakah modal yang Anda tanamkan dalam usaha serta hasilkan berapakah uang berbentuk prosentase.
related post : BEP adalah
Contoh untuk membuat project beromzet 1 miliar dalam estimasi saat project 2 th. serta diperlukan modal investasi Rp300 juta.
- A. Omzet = Rp1 miliar
- B. Cost Bahan Baku = Rp600 juta
- C. Cost Adum (Administrasi serta umum) = Rp100 juta
- D. Laba – (A-B-C) = Rp300 juta
- Jadi ROI yaitu (D : Modal Investasi x 100 %) = Rp300 juta : Rp300 juta x 100 % = 100 %. Apabila disetahunkan jadi 50 % (project dua th.).
Untuk menyebutkan layak atau tidak usaha ini jadi harus dibanding apabila jenis investasi ditanam atau diinvestasikan ke type investasi yang lain. Contoh dideposito (5-8 %), dibanding dengan inflasi (6 %), suku bunga credit (10-15 %), inflasi emas (20 %).
Break Even Point (BEP) umum dimaksud titik impas. Banyak entrepreneur salah makna dari apakah itu BEP. BEP yaitu dimana semua cost tercover dari omzet hingga keuntungannya 0. Keuntungan 0 ini yaitu titik impas. Bhs Jawanya bak buk.
simak juga : harga pokok produksi
Contoh dengan satu project sejumlah keseluruhan Rp1 miliar dengan lima unit tempat tinggal. Bermakna per unit tempat tinggal harga nya Rp200 juta. Anggapan cost berdasarkan contoh terlebih dulu.
- A. Cost Bahan Baku = Rp600 juta.
- B. Cost Adum (Administrasi serta umum) = Rp100 juta
- C. Jadi titik impas saat omzet menjangkau Rp700 juta.
- D. Apabila harga jual satu tempat tinggal sejumlah Rp200 juta jadi titik impas pada unit ke = Rp700 juta : Rp200 juta = 3, 5 unit
- E. Berarti unit ke-4 telah memiliki kandungan keuntungan.
Titik impas dapat juga disimpulkan “angka aman”. Jadi untuk mengamankan cost adum (relatif biayanya tetaplah walau tidak jualan), jadi omzet dikurangi cost bahan baku mesti sama juga dengan cost adum. Apabila Anda telah dapat menguber “angka aman” jadi penjualan selanjutnya yaitu murni keuntungan (sesudah dikurangi cost segera/cost bahan baku).
Payback Period, berarti kapan modal investasi itu dapat kembali. Kita pakai contoh yang sama juga dengan diatas. Terlebih dulu dalam satu project perumahan, baiknya yang pertama kalinya dibiayai yaitu cost tersebut, lalu apabila sudah menjangkau titik impas/BEP, automatis modal investasi juga sudah ditarik karna modal investasi yaitu untuk membiayai BIAYA dimuka project bukan? Serta yang paling akhir yaitu menarik keuntungan.
Dengan anggapan diatas, jadi Payback Period butuh ditranslate dalam alur kas yang lebih mendetil. Namun untuk mempermudah Anda, kami sederhanakan saja. Masih tetap memakai contoh perhitungan diatas. Anggapan omzet 1M dengan lama project 24 bln. (2 th.).
- A. Omzet = Rp1 miliar
- B. Cost Bahan Baku = Rp600 juta
- C. Cost Adum (Administrasi serta umum) = Rp100 juta
- D. Laba – (A-B-C) = Rp300 juta
- E. Anggapan arus kas masuk 24 bln. = Rp41, 6 juta
- PayBack Period = cost : arus kas = Rp700 juta : Rp41, 6 juta = 16, 8 bulan
Apabila kita lihat contoh, jadi Payback Periodnya 16, 8 bln. (orang keuangan umum membulatkan jadi 17 bln.). Semakin cepat semakin baik pastinya. Bermakna sesudah bln. ke 17 dapat dimaksud usaha jalan tanpa ada modal. Karna modalnya telah kembali bukan?
Nah sekian tanda kelayakan usaha yang umum dipakai. Untuk project atau usaha berjangka panjang (contoh jalan tol) terdapat banyak tanda yang lain untuk menilainya kelayakan bisnisnya. Misalnya IRR (Internal Rate Ratio), Future Value, dan lain-lain. Tapi 4 tanda diatas telah cukup mewakili tanda bahwasannya project layak atau tidak.
Oh ya, didunia keuangan di kenal yang namanya “ceteris paribus” di mana keadaan perubahan diabaikan. Mengapa? Karna usaha itu uncertainty dengan kata lain tidak tetaplah kondisionalnya. Tapi untuk mengkalkulasi kelayakan, semua mesti dianggat certainty dengan kata lain ceteris paribus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Menghitung dan Pindahkan Meteran Air ATB

Mungkin saja belum juga banyak pelanggan PT Adhya Tirta Batam (ATB) ketahui bagaimana  daftar cara  mengubahkan tempat mtr. air yang berada di pelanggan. Terutama waktu berlangsung perubahan bangunan seperti perbaikan serta mesti mengubahkan tempat mtr. air. Pelanggan sesungguhnya dapat memajukan perpindahan tempat mtr. ke kantor service ATB. ” Pelanggan dapat memajukan perpindahan tempat mtr. dengan menyertakan kriteria yang di tentukan ATB. Pelaksanaan perpindahan mtr. air juga akan dilakukan oleh kontraktor yang telah tercatat di ATB dengan pengawasan segera oleh tim tehnis ATB, ” tutur Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, Selasa (21/11/2017) Enriqo memberikan, terdapat banyak pelanggan yang memajukan untuk mengubahkan mtr. air. Banyak pelanggan mesti mengubahkan mtr. air itu karna letaknya tak akan terjangkau oleh petugas ATB karena perubahan atau perbaikan bangunan. ” Sisi terutama dalam memposisikan meteran air yang berada di pelanggan yaitu gampang dibuka o

Simak Penyebab Soal UNBK Matematika Sulit

Kepala SMAN 1 Jakarta, Mas Ayu Yuliani memberikan sulitnya bab Matematika pada Ujian Nasional Berbasiskan Pc (UNBK) dikehendaki dievaluasi kembali oleh Kementerian Pendidikan. Seandainya benar-benar pemerintah masih mau menempatkan Programme for International Student Assessment (PISA) pada UNBK nasional, jadi membutuhkan kesibukan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan arahan Instansi Penjamin Kwalitas Pendidikan (LPMP). " Mutu guru lantas mesti ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan. PISA benar-benar mendorong siswa utk berpikir urgent, akan tetapi mesti dibuatkan tipe evaluasi seperti apa yg dapat bikin siswa berpikir urgent? " kata Ayu kala dilakukan konfirmasi, Minggu (15/4/2018). Bab UNBK matematika, sambung Ayu, menempatkan sistim matematika literasi yg lebih menekankan logika berpikir dalam penyelesaian permasalahan. Baca Juga:  rumus volume kerucut  Pihaknya lantas beroleh banyak yang diterima dari banyak siswa selesai proses UNBK, baik siswa yg datan

Ini Dia Sistem Operasi Android Yang Paling Banyak Diminati Zaman Now

Google yg barusaja ini udah meluncurkan data jumlah distribusi sistim operasi Android, periode s/d April 2018. Menurut data itu, udah didapati Android Nougat menjadi sistim operasi yg sangatlah menguasai di pasar. Android Nougat yg di rilis pada 2016 lalu, miliki distribusi paling besar, yakni 30, 8 prosen. Di mana angka itu yg datang dari dua versus Android Nougat, ialah 7. 0 yg miliki distribusi banyak 23 prosen juga 7. 1 yg menggapai distribusi sebesar 7, 8 prosen. Walaupun demikianlah, masihlah menjadi angka yg menguasai. Perihal perubahan sistim operasi versus Nougat yg condong lambat, bahkan juga stagnan. Seperti yg diberitakan lewat KompasTekno dari Neowin, Kamis (19/4/2018), di mana perkembangan distribusi Android Nougat yg meraih angka 0, 7 prosen utk versus 7. 0, sesaat 1, 6 prosen utk versus 7. 1 dari bln. terlebih dahulu. Walau udah masuk umur dua th., Android versus ini dimaksud masihlah miliki cukup banyak pemakai, sebab sistim operasi versus ini lebih enteng, diban